logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri Muara Bulian

Jl. Jend. Sudirman No.1, Kec. Muara Bulian, Kab. Batang Hari, Jambi 36613

Dasar Hukum / Regulasi Pengaduan

Dasar Hukum / Regulasi Pengaduan
DASAR HUKUMFILE
Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 076/KMA/SK/VI/2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan di Lingkungan Lembaga PeradilanLINK DOWNLOAD
Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 216/KMA/SK/XII/2011 tentang Pedoman Penanganan Pengaduan Melalui Layanan Pesan Singkat (SMS)LINK DOWNLOAD






NILAI IPK NILAI IKM

 

NILAI ZI-SPAK NILAI ZI-SPKP

 

  • Berita Pengumuman Badan Peradilan Umum (Badilum)

    • Pengumuman Pengiriman Surat Keputusan Promosi Dan Mutasi Tenaga Teknis Kepaniteraan Tanggal 27 Maret 2024

      bagi Nama - Nama Yang Surat Keputusannya Belum Terlampir Pada Pengumuman Ini Harap Segera Mengunggah E-lhkpn / E-lhkasn Ke Dalam Aplikasi Sikep Paling Lambat 7 (tujuh) Hari Sejak Pengumuman Ini Ditayangkan Dan Dapat Mengkonfirmasi Melalui Narahubung Berikut :

      1. Fuad Fachriza, S.h., M.h. (082113999023) 2. Zubair, S.h. (08128311587)
      lampiran
      filedescriptionfile Sizedownloads
      surat Pengiriman Sk Tpm 27 Maret 2024_sign.pdf 176 Kb182
    • Dukung Pelayanan Publik Yang Prima, Dirjen Badilum Resmikan Renovasi Ptsp Dan Media Center Pengadilan Negeri Cianjur

      pelayanan Terpadu Satu Pintu (ptsp) Merupakan Pelayanan Secara Terintegrasi Dalam Satu Kesatuan Proses, Dimulai Dari Tahap Awal Sampai Dengan Tahap Penyelesaian Produk Pelayanan Pengadilan Melalui Satu Pintu. Ptsp Bertujuan Untuk Mewujudkan Proses Pelayanan Yang Cepat, Mudah, Dan Transparan Sesuai Dengan Standar Yang Telah Ditetapkan Demi Memberikan Pelayanan Yang Prima, Akuntabel, Dan Anti Korupsi, Kolusi, Dan Nepotisme Bagi Masyarakat Pencari Keadilan. Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.h., M.h., Memberikan Perhatian Khusus Terhadap Ptsp, Karena Ptsp Merupakan Wajah Pertama Lembaga Peradilan. Oleh Karena Itu, Pada Hari Senin, 29 April 2024, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Secara Langsung Meninjau Dan Meresmikan Ptsp Dan Juga media Center Pada Pengadilan Negeri Cianjur. Acara Tersebut Juga Dihadiri Oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Bandung, Dr. Hj. Diah Sulastri Dewi, S.h., M.h. Dan Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Bandung, Dr. Catur Iriantoro, S.h., M.hum.

      kedatangan Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Disambut Oleh Ketua Pengadilan Negeri Cianjur, Rudita Setya Hermawan, S.h., M.h. Dan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Cianjur, Hera Polosia Destiny, S.h., M.h., Beserta Seluruh Aparatur Pengadilan Negeri Cianjur. Pada Kesempatan Tersebut, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Berpesan Agara Pengadilan Negeri Cianjur Harus Terus Mempertahankan Pelayanan Prima Bagi Para Pencari Keadilan Dan Menjaga Marwah Lembaga Peradilan Setelah Peresmian Ptsp Dan media Center Ini. 

    • Undangan Halalbihalal Dan Silaturahmi Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum

      lampiran
      filedescriptionfile Sizedownloads
      undangan Zoom.pdf 2746 Kb51
  • Berita Terbaru Mahkamah Agung

    • Kma Pimpin Wisuda Purnabakti Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandung

      bandung - Humas : "ada Perasaan Haru Setiap Kali Saya Melepas Seorang Ketua Pengadilan Tingkat Banding Memasuki Masa Purnabakti, Di Suatu Sisi, Kita Bersedih Karena Akan Berpisah Dengan Sosok Pimpinan Pengadilan, Yang Telah Memberikan Kontribusi Besar Bagi Lembaga Peradilan.

      namun Di Sisi Lain, Terselip Juga Rasa Bangga, Karena Sosok Pemimpin Yang Akan Kita Lepas, Telah Menyelesaikan Tugasnya Dengan Baik, Hingga Tiba Masanya Untuk Beristirahat Dan Menikmati Waktu-waktu Bahagia Bersama Keluarga."

      demikian Disampaikan Oleh Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.h., M.h Saat Memimpin Langsung Wisuda Purnabakti Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandung Drs. H. R.m Zaini S. H, M. H. Hari Senin, 29 April 2024, Bertempat Di Hotelel Royale Bandung.

      dalam Sambutannya Prof Syarifuddin Mengatakan Wisuda Hari Ini Merupakan Apresiasi, Atas Purnanya Perjalanan Karir Yang Telah Di Tempuh Oleh Drs. H. R. M. Zaini, S.h., M.h.i. Sebagai Seorang Hakim, Penegak Hukum Dan Keadilan.

      menurutnya Selama Empat Puluh Tahun Mengabdi, Drs. H. R. M. Zaini, S.h., M.h.i. Telah Menunjukkan Nilai-nilai Dedikasi Dan Tanggung Jawab Yang Tinggi Dalam Mengabdi Kepada Bangsa Dan Negara.

      "dibutuhkan Loyalitas Ekstra Dan Mental Yang Kokoh Agar Dapat Menjalaninya Dengan Penuh Integritas. Beratnya Berpindah Dari Satu Kota Ke Kota Lain, Dari Satu Pulau Ke Pulau Lain, Bahkan Terkadang Harus Meninggalkan Istri, Anak Dan Keluarga Tercinta. Belum Lagi Godaan Yang Datang Silih Berganti Selama Memangku Jabatan, Namun, Semua Dapat Terlewati Dan Sukses Menutup Masa Pengabdian Dengan Bersih, Tanpa Sedikit Pun Meninggalkan Catatan Hitam", Tutur Guru Besar Universitas Diponogoro

      diakhir Sambutan, Kma Mengucapkan Selamat Kepada Bapak Drs. H. R. M. Zaini, S.h., M.h.i., Yang Memasuki Masa Purnabakti, Mengakhiri Masa Pengabdian Dengan Selamat, Sehat Jiwa Dan Raga.

      acara Purnabakti Dihadiri Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial , Para Ketua Kamar Mahkamah Agung, Para Pejabat Eselon I Pada Mahkamah Agung, Serta Ketua Pengadilan Tingkat Banding Dan Tingkat Pertama Seluruh Indonesia Yang Mengikuti Secara Virtual. (ipr/ Pn/humas)

    • Kunjungan Kerja Komisi 3 Dpr Ri Ke Wilayah Hukum Provinsi Lampung

      bandar Lampung-humas: Komisi Iii Dpr Ri Melakukan Kunjungan Kerja Reses Masa Persidangan Iv Tahun Sidang 2023-2024 Dengan Tiga (3) Lingkungan Peradilan Se-wilayah Provinsi Banten Pada Senin, 29 April 2024 Di Ballroom Novotel Hotel Bandar Lampung.

      rapat Kerja Yang Dipimpin Oleh Dr. Habiburokhman, S.h., M.hum Didampingi Oleh 12 Anggota Komisi Iii Dpr Antara Lain Drs. M. Nurdin, M.m, Dr. Hj. Adde Rosi Khoerunnisa, S.sos., M.si, Supriansa,sh.mh, Hj Siti Nurizka Puteri Jaya,sh.mh, Taufik Basari,sh.shum,llm, Dr. H. Cucun Ahmad Syasurijal S Ag, Map, Dr.h. Jazilul Fawaid,sq.ma, H. Agung Budi Santoso,sh.mm, Dr. Benny Kabur Harman,sh Dan Mulfachri Harahap, Sh.mh.

      habiburokhman Menyampaikan Kunjungan Kerja Ini Sebagai Tugas Konstitusional Komisi Iii Dpr Dalam Menjalankan Fungsi Pengawasan Anggaran, Penegakan Hukum Terhadap Semua Sektor Dan Penanganan Kasus Perkara Di Wilayah Provinsi Lampung Yang Selanjutnya Akan Menjadi Masukan Dalam Rapat Kerja Serta Rapat Dengar Pendapat Dengan Para Mitra Kerja.

      rapat Kerja Dihadiri Oleh Ketua Pengadilan Tinggi Tanjung Karang Ibu Asnahwati,sh.mh Beserta Jajarannya Baik Itu Dari Pengadilan Tinggi Tanjung Karang, Maupun Para Ketua Pengadilan Negeri Di Provinsi Lampung, Kemudian Dihadiri Pula Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung Dr.h. Bambang Supriastoto,sh.mh Beserta Jajarannya Baik Itu Dari Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung, Maupun Para Ketua Pengadilan Agama Di Provinsi Lampung Serta Dihadiri Pula Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Bandar Lampung, Heni Hendrarta Widya Sukmana Kurniawan,sh.mh. Beserta Jajarannya

      pada Kesempatan Ini Kpt Tanjung Karang Menyampaikan Perkara Yang Menonjol Yaitu Perkara Narkotika Dengan Jumlah Perkara Terbanyak Di Wilayah Hukum Pt Tanjung Karang Dan Kendala Dalam Proses Eksekusi Seperti Ketidaksesuaian Objek Dengan Nilai Kewajiban Dari Termohon Eksekusi.

      selanjutnya Pemaparan Dari Kpta Bandar Lampung Dalam Pemaparan Nya Menyampaikan Perlunya Penambahan Anggaran Untuk Memenuhi Sarana Dan Prasarana Persidangan

      sedangkan Kptun Bandar Lampung Menyampaikan Beberapa Inovasi Baik Yang Dikuatkan Oleh Mahkamah Agung Seperti E-court Maupun Yang Aplikasi Yang Dibuat Oleh Ptun Bandar Lampung Sendiri Seperti Siwaskusip Yang Mendukung Tranparansi Layanan Peradilan.

      rapat Kerja Yang Dimulai Pukul 12.00 Wib Diakhiri Pada Pukul 14.00 Wib Dengan Tukar Menukar Plakat Dan Foto Bersama. (sf/ds/da).

    • Tingkatkan Kualitas Kepemimpinan Hakim Perempuan, Bphi Gelar Seminar Internasional

      jakarta-humas: Badan Perhimpunan Hakim Perempuan Indonesia (bphpi) Menyelenggarakan Seminar International Tentang Peningkatan Kualitas Kepemimpinan Hakim Perempuan Menuju Badan Peradilan Yang Agung Pada Jumat (26/04) Di Hotel Grand Mercure Kemayoran Jakarta. Kegiatan Ini Dihadiri Dan Dibuka Secara Resmi Oleh Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.h., M.h.

      hadir Sebagai Narasumber Yaitu Ketua Federal Circuit And Family Court Of Australia Justice William Alstergren, Hakim Mahkamah Perseketuan Malayasia Justice Datuk Hanipah Binti Farikullah, Hakim Dari Federal Circuit And Family Court Of Australia Justice Suzanne Chriestie, Presiding Judge Of The Regional Trial Court Of Manila Judge Rosalyn M Lojas, Dan Psikolog Carly Schrever. Selain Itu Hadir Pula Dua Orang Penanggap Pada Seminar Internasional Ini Yang Juga Pakar Di Bidangnya, Yaitu, Dekan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia Prof. Dr. Bagus Takwin, M.hum, Dan Konselor Pada Biro Kepegawaian Mahkamah Agung Mochamad Mirza, S.psi.

      sebagai Informasi, Bphpi Merupakan Satu-satunya Organisasi Bagi Hakim Perempuan Indonesia. Ia Dideklarasikan Pada 12 Januari 2024 Lalu. Pendeklarasian Ini Disaksikan Oleh Ketua Mahkamah Agung, Ketua Umum Ikahi Dan Sejumlah Hakim Agung Negara Sahabat. Perhimpunan Yang Berada Di Bawah Naungan Organisasi Ikatan Hakim Indonesia (ikahi) Beranggotakan Ribuan Hakim Perempuan Dari Seluruh Indonesia.

      cikal Bakal Lahirnya Bphpi Merupakan Tindak Lanjut Dari Ditugaskannya 10 Hakim Perempuan Indonesia Oleh Ketua Mahkamah Agung Untuk Menghadiri Pertemuan Hakim Perempuan Se-dunia Pada Maret 2023 Di Kota Marrakesh, Maroko.

      seminar Internasional Ini Merupakan Kegiatan Pertama Sejak Dideklarasikannya. Ketua Mahkamah Agung Mengapresiasi Terselenggaranya Seminar Internasional Ini. Karena Menurutnya, Di Usianya Yang Baru Seumur Jagung, Bphpi Sudah Mampu Menyelenggarakan Seminar Internasional Dengan Tema Yang Sangat Menarik Dan Mampu Mendatangkan Para Narasumber Dan Penanggap, Baik Dari Dalam Negeri Maupun Luar Negeri.

      ia Berharap Kedepannya, Akan Ada Banyak Seminar Internasional Lainnya Yang Mengangkat Isu Tentang Integritas Dan Kemandirian Hakim.

      hal Senada Dituturkan Oleh Ketua Umum Ikahi Dr. H. Yasardin, S.h., M.hum. Ia Sangat Mendukung Dilangsungkannya Seminar Yang Mengangkat Isu Kemandirian Hakim Khususnya Terkait Hakim Perempuan. Karena Menurutnya, Data Saat Ini Jumlah Hakim Perempuan Sebanyak 2.211 Orang Dari Total 7.729 Hakim Seluruh Indonesia Atau Sekira 29 Persen. Dari 29 Persen Tersebut, Hanya 24 Persen Yang Telah Menduduki Jabatan Pimpinan Pada 4 Lingkungan, Bahkan Untuk Tingkat Banding Jumlahnya Relatif Lebih Kecil Yaitu Rata-rata Di Bawah 20%. Berdasarkan Data Tersebut Representasi Kepemimpinan Hakim Perempuan Saat Ini Belum Sepenuhnya Ideal, Sehingga Diharapkan Melalui Seminar Ini Akan Dapat Memberikan Masukan Yang Bermanfaat Bagi Peningkatan Kepemimpinan Hakim Perempuan.

      menanggapi Hal Tersebut, Ketua Bphpi Dr. Nani Indrawati, S.h., M.hum. Menyatakan Bahwa Meningkatkan Representasi Dan Kepemimpinan Hakim Perempuan Pada Badan Peradilan Indonesia Merupakan Agenda Terpenting Yang Akan Menjadi Fokus Dan Agenda Kerja Bphpi Dalam Beberapa Tahun Ke Depan.

      salah Satu Pendekatan Yang Akan Digunakan Oleh Bphpi Untuk Melaksanakan Agenda Tersebut, Menurut Nani Adalah Dengan Mewujudkan Kesejahteraan Hakim Yang Menyeluruh (holistik), Bukan Hanya Bagi Hakim Perempuan, Tetapi Bagi Seluruh Hakim Di Indonesia.

      lebih Lanjut Ia Menyatakan Pula Bahwa Kesejahteraan Hakim Bukan Hanya Terbatas Pada Besaran Tunjangan Kinerja, Fasilitas Dinas, Serta Jaminan Kesehatan Yang Disediakan Oleh Negara Untuk Hakim, Namun Juga Yang Sangat Mendasar Dan Dibutuhkan Adalah Lingkungan Kerja Yang Sehat, Yang Akomodatif Terhadap Kebutuhan Setiap Individu Hakim Yang Ada Dalam Badan Peradilan.

      seminar Internasional Ini Dihadiri Pula Oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, Para Ketua Kamar Mahkamah Agung, Ms. Penny Williams, Psmms. Penny Williams, Psm Duta Besar Australia Untuk Indonesia Dan Mr. Craig Ewers (aipj 2), Para Hakim Perempuan Nasional Dan Internasional Baik Secara Daring Maupun Luring. Seminar Internasional Ini Bisa Diikuti Pula Oleh Masyarakat Indonesia Dan Dunia Melalui Kanal Youtube Mahkamah Agung. (azh/rs/eva/photo:sno & Alf)